Aku nggak nyangka kalo di umurku yang baru 17 tahun ini sudah bisa menjadi guru alquran untuk anak² kecil.

Ide ini sebenernya muncul randomly pada suatu malam, ketika kita sedang membahas ekonomi keluarga kita.

Pas kita nyoba mikirin berbagai kemungkinan mencari sumber penghasilan, tiba² umi nyeletuk ntah dari mana,

“Kenapa ngga ngajar kayak Syaikh aja? Ngajar via online, dibayar perbulan?”

Yo aku kaget pas itu, cuma otak tu langsung konek. “Ini gue banget kerjaannya.” Istilahnya. Gak perlu ngeluarin banyak tenaga, cuma ngeluangin waktu, nyimak, mandu, akhir bulan dibayar.

Beh, enak dong. Aku ya langsung mengiyakan lah. Umi juga waktu baru nyeletuk gitu juga gak main², langsung lah beberapa hari kemudian, Umi sudah ngumumin di ig nya, buka pendaftaran buat yang minat.Dan voila, dimulailah perjalananku mengajar anak² orang.

Kebetulan saat ketika baru mulai bulan Ramadhan. Aku mulai mengajar dari satu anak, namanya Khalid, anak 14 tahun.Dia murid pertama dan murid terlama aku sekarang. Aku menjadikan dia sebagai pemanasan istilahnya.

Jadi aku bisa terbiasa mengajar secara online dan terbiasa bicara online.Sekarang, aku baru aja mulai mengajar anak² kecil yang rata² masih umur 4 sampai 10 tahun.

Ini minggu pertama aku dan jujur, ini menantang sekali rasanya.Ini pertama kali aku harus mengurus dan mengajar bocah 4 tahun secara heart to heart. Sisi menantangnya dari sisi komunikasi sih, paling terasa.

Aku harus berlembut², senyum, dan menghaluskan suaraku. Dan ini sangat berlawanan dengan karakter yang ingin aku tunjukkan, yang tegas. Aku hanya punya dua murid yang bisa kusikapi secara normal dan akrab, tapi selain itu, aku harus pake mode babysitter itu.

Alhamdulillah, dalam 2 bulan pertama aku sudah bisa mendapatkan tabungan sebanyak 900.000 an kurang lebih. Terasa sangat berharga sekali karena emang hasil kerja sendiri.Aku jadi bisa paham istilah “cari uang itu susah” karena emang istilah itu benar adanya, apapun pekerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *