ziyad syaikhan

/artikel/ cerita/ curhat/ opini/

Apa Bisa?

Kek udah nggak ada harapan lagi cuk. Ini udah bulan Agustus tanggal 11 2024. Waktuku nggak sampe setahun lagi buat nyiapin pelajaran buat ikut tes ANBK. Terus aku masih mau-maunya ngimpi masuk univ keren. Bapak-Ibuku aja nggak yakin aku bisa masuk, apalagi aku? Bahkan kalo aku siapin mati-matian dari sekarang, apakah bisa? Apalagi aku slow learner dan butuh ada orang yang jelasin dulu biar paham, apakah bisa? 

Bapakku bilang kalo susah bukan main masuk ke univ bagus kayak UGM atau UNY itu, saingannya banyak, ribuan. Seleksinya ketat, nggak bisa kamu masuk enak-enak dengan persiapan sementah itu bersaing dengan anak pinter lainnya. Apalagi aku milihnya rencananya jurusan psikologi yang memang paling rame dan nomor satu di mata minat para calon mahasiswa. Persaingannya paling brutal. Dan aku mau nekat masuk situ? Ohoho. 

Apalagi aku sempet buka artikel orang. Di situ ada orang nanya, “Kak, aku udah SMA kelas 12, bagi tipsnya buat masuk universitas bergengsi dong.” Gitu. Lalu rata-rata jawabannya apa? Udah telat. 

Kata mereka, “Buat nyiapin masuk ke univ bagus itu sebenernya planningnya udah harus jauh diliat dari kelas 9. Kalo kamu sekarang udah kelas 12 baru nanya gitu, berarti kamu udah nggak bisa minta tips apa-apa lagi, kamu ikutin aja jalur yang udah ada depan matamu sambil siapin sesuai yang kamu bisa.’ 

Pas aku baca kalimat, “Siapin dari kelas 9.” Rasanya aku mau muntah. Jauh sekali cuk, aku dari dulu terombang-ambing nggak tau mau kemana, ibaratnya kek ubur-ubur. Pasrah aja. Ngikutin arus. Baru akhir-akhir ini aku baru tahu mau ke mana. 

Tapi apaan? Udah telat. 

Duh, apa bisa? Kalo masuk univ rendahan ujungnya sama aja nggak kerasa prestasinya. Gengsinya nggak ada. Mau jadi apa di keluarga? Anak pertama cuk, mosok jadi sampah? Mending mati daripada malu-maluin orangtua. 

Ah, nggak tau lah. Ntar kita lihat sambil nyoba tetep nekat maju. 

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2024 ziyad syaikhan

Theme by Anders Norén