Biarkan orang lain yang menyadari dan memberikan komentar jujur tentang dirimu.

Kejadian kecil ini baru saja terjadi kemarin. Seperti biasa, aku latihan di lapangan Pemda Sleman. Melatih otot-otot tubuh dengan tujuan sehat dan nggak terlalu cungkring. 

Tentu saja aku nggak sendiri, ada beberapa orang lain yang ikut olahraga di dekatku juga, sama-sama ikut memakai tiang pull-up bergantian. Di menit kesekian, aku memutuskn untuk membuka bajuku. Menyelesaikan olahragaku dengan bertelanjang dada (ini sudah biasa di kalangan anak olahraga). 

Tentu saja aku hanya fokus sampai olahragaku selesai. Hingga ketika semuanya rampung saat jam lima sore, aku segera berkemas. Kebiasaanku, ketika aku mau pulang, aku selalu pamit ke orang yang juga olahraga disitu, walaupun nggak kenal. 

Saat aku menyalimi salah satu anak disitu, dia langsung nanya, “Mas, umurnya berapa mas.” Spontan ya aku jawab, “Kelas 2 SMA, Mas.”

Terus dia komentar, “Mas kok bisa badannya gede kayak gitu, tak kira kuliah lho, Mas.” Tentu saja aku heran. Selama aku berolahraga, aku nggak pernah ngerasa badanku gede. Nggak pernah blas. Yang aku ucapkan selama aku ngaca ngecek badanku, “Kurang gede, latian lagi. Kurang gede, latihan lagi.” 

Selalu aku merasa kurang. Masih kurus, tambah lagi. Lagi, latihan lagi. Itu aja yang di pikiranku selama ini. 

Ketika ada yang komentar seperti itu, aku jadi bertanya-tanya, gedenya aku di mana? Nggak sampai situ, ternyata dua anak muda lain yang duduk dekat situ juga nyaut. “Lho, masnya kelas berapa?” 

“Kelas dua SMA, Mas.” Tak jawab simpel gitu aja. Merekanya juga malah kayak kaget. “Lah, sama berarti mas, kita juga kelas dua SMA.” 

Dan komentar mereka berdua sama, badanku katanya macam mas-mas kuliahan. Aku sebenarnya ngakak dari deskripsi simpel kayak gitu. Jadinya aku merasa kalau tampangku sudah tua. 

Dari situ, kami saling berkenalan. Mereka banyak nanya ke aku tentang olahraga dan alhamdulillah aku bisa jawab semuanya. 

Dari sini, aku menyadari kalo selama kamu nggak merasa kalau kamu itu ‘berhasil’ atau masih pemula. nantinya orang-oranglah yang akan bilang dan komentar dengan jujur ke kamu tentang perkembangan yang sudah kamu capai.

Jangan pernah merasa menjadi seorang expert atau ahli dalam bidang apapun itu. Agar kita selalu merasa kalau kita itu masih kurang dan masih harus banyak belajar. Dengan begitu, kita akan terus berkembang dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Biarkan orang yang menyadari perkembanganmu dan menjadi ukuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *